Bagi kalian yang membutuhkan inspirasi ide untuk mempersiapkan produk anda, artikel ini bisa menjadi referensi. Nah, tentunya kalian setuju jika rata rata ide yang baik adalah yang berangkat dari suatu permasalahan bukan? tentu, ya walaupun ada beberapa ide imaginatif yang keren seperti penemuan penemuan besar di dunia ini yang mengubah cara hidup kita. Berikut 5 referensi mencari dan memvalidasi ide tentang aplikasi versi Infinite:

1. Suistainable Development Golds (SDGs)

Atau jika dibahasa Indonesia kan merupakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. nah, ini merupakan referensi utama temen-temen jika ingin mencari permasalahan yang besar di negeri ini atau bahkan dunia. TPB di Indonesia difokuskan pada mencerdaskan bangsa, kesehatan masyarakat kesetaraan gender, pendidikan berkualitas, pengentasan kemiskinan. Nah untuk selengkapnya kamu bisa baca baca di http://sdgs.bappenas.go.id/

2. Baca Artikel TechInAsia tentang Perkembangan Teknologi saat ini

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita harus mengikuti perkembangan Teknologi yang semakin hari semakin cepat ini. Nah, untungnya ada Website TechInAsia yang terus update tentang masalah ini. Disana ada ulasan tentang Startup, Ide Ide kreatif aplikasi, dan berbagai macam ulasan lain. Intinya semakin banyak referensi aplikasi yang kalian ketahui maka semakin baik pula ide ide yang akan muncul dibenakmu.

Link website: https://id.techinasia.com/

3. Melihat Video Gemastik tahun sebelumnya

Nah, ini bisa menjadi referensi menarik untuk mengetahui apa aja sih rata rata aplikasi yang populer untuk perlombaan. Sehingga kamu bisa lebih kreatif dan mengantisipasi jika idemu itu ternyata mainstream. Link nya ada di YouTube semua, coba ketikan keyword Bidang lombanya apa + Gemastik 2017. contoh “Pengembangan Aplikasi Gemastik 2017”, dsb.

4. Baca Jurnal & Buku

Banyak jurnal dan buku yang bisa dijadikan salah satu referensi untuk idemu, karena dengan membaca jurnal  maupun buku pandangamu bisa lebih luas dan bagus. Hal itu tentu bisa merangsang daya kreatifmu.

5. Check and Recheck idemu

Walaupun kamu merasa punya ide keren, coba check and recheck idemu diberbagai media. Seperti di Google Playstore, Google, dan website website lainnya. Jika idemu banyak kesamaan dengan yang lain, tugasmu adalah membuat pembeda idemu dengan yang sudah ada, baik dari fitur, model bisnis, dan hal hal lain yang bisa menarik minat orang terhadap idemu.

Ini yang penting, jika kamu sudah merasa yakin terhadap persepsimu kamu jangan sampai lupa untuk memvalidasi ya. Karena persepsimu belum tentu benar menurut orang lain. Kamu perlu melakukan survey online/offline dengan instrument, wawancara terhadap orang yang berkaitan dengan idemu, berkonsultasi dengan para ahli atau yang lebih faham. Selengkapnya tentang validasi ide akan ditulis artikel selanjutnya.

Yang mau nambahi silahkan bisa komen dikolom komentar ya 🙂


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp WhatsApp us