Anda baru saja mendirikan startup? Hal pertama yang mungkin akan membuat Anda bingung adalah layanan atau aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk menunjang kinerja startup maupun tim Anda. Mulai dari layanan komunikasi antar tim, platform untuk mengelola workflow tim, hingga layanan untuk memaksimalkan media sosial startup yang dimiliki.

Tech in Asia kali ini akan mencoba membantu Anda memilih layanan-layanan tersebut. Kami berharap setidaknya aplikasi atau layanan yang ada di dalam daftar ini dapat membantu startup lebih terorganisir dan berpengaruh besar pada kesuksesan startup Anda. Berikut ulasannya:

Komunikasi

Komunikasi adalah faktor penting dalam sebuah organisasi atau tim. Untuk menunjang komunikasi yang terbuka dan real-time antar anggota tim, Anda dapat menggunakan platform seperti Slack atau Flowdock. Kedua platform ini menawarkan sebuah cara untuk berkomunikasi dengan lebih cepat seperti halnya aplikasi chatting namun dengan fitur yang lebih lengkap. Anda dapat melakukan integrasi Google Docs, Trello, dan lainnya. Dengannya, Anda dapat meninggalkan sistem email secara internal dan melihat diskusi yang terjadi di dalam tim sehingga Anda dapat mengetahui hal penting yang sedang dikerjakan oleh tim.

Kedua platform ini menyediakan layanannya secara gratis namun terbatas dari segi jumlah pengguna dan fitur. Anda perlu membayar untuk mampu membuka semua fitur yang dimiliki dan memperbanyak jumlah pengguna.

Jajaran aplikasi Office

Startup Anda membutuhkan aplikasi Office yang bisa digunakan bersama-sama? Baik itu untuk membuat sebuah presentasi sederhana ataupun membuat sebuah konten bagi startup yang dimiliki, Google Docs dan Zoho Docs dapat membantu Anda. Kedua platform ini menyediakan cara untuk mengelola dan mengolah semua dokumen yang Anda miliki. Untuk opsi pertama, Anda dapat menggunakan semua fitur yang dimiliki dengan gratis. Sementara untuk Zoho Docs, selain memiliki paket gratis, Anda akan diberi pilihan paket berlangganan mulai dari USD 5 (Rp 60 ribu) per anggota setiap bulannya.

Selain untuk mengolah dokumen, kedua platform ini menyediakan kapasitas penyimpanan data secara online sehingga Anda dan tim bisa mengaksesnya di mana saja.

Mengelola media sosial

Media sosial kini memegang peranan penting dalam kehidupan startup Anda. Baik itu sebagai alat pemasaran ataupun untuk menyampaikan berita singkat mengenai startup yang dimiliki. Namun, ketika ingin membagikan berita ke berbagai platform media sosial berbeda, tentunya hal tersebut akan memakan waktu berharga Anda. Di sinilah Hootsuite dan Sociocaster dapat membantu. Dengan menggunakan kedua platform ini, Anda dapat mengatur akun media sosial dengan mudah. Mencari konten yang tepat bagi startup Anda dan kemudian membagikannya sepanjang minggu menjadi sangat mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa klik saja.

Hootsuite mempunyai fitur yang lebih lengkap daripada Sociocaster. Platform tersebut memiliki fitur gratis serta berlangganan mulai dari USD 9 (Rp 108 ribu) per bulannya. Sementara Sociocaster yang merupakan startup karya anak bangsa ini baru mulai beroperasi dan membuka paket gratis serta berlangganan dimulai dari USD 7 (Rp 84 ribu) per bulannya.

Mengatur workflow tim

Ketika membuat sebuah startup, Anda akan membutuhkan platform untuk melakukan pembagian tugas. Di sini Trello atau Asana dapat membantu Anda. Fungsi kedua layanan ini serupa layaknya sebuah papan kerja yang berisi tugas-tugas bagi tim Anda. Melalui platform ini, Anda dapat menetapkan sebuah tugas, menyerahkan tugas tersebut ke anggota tim, serta mengatur deadline tugas tersebut.

Trello dan Asana dapat Anda gunakan secara gratis. Kedua platform tersebut juga menyediakan pilihan paket premium yang memiliki fitur lebih lengkap. Untuk Trello, Anda bisa berlangganan mulai dari USD 5 (Rp 60 ribu) per anggota setiap bulannya dan untuk Asana, Anda dapat membayar mulai dari USD 21 (Rp 252 ribu) per bulannya untuk lima anggota tim Anda.

Mengatur keuangan startup Anda

Meskipun tidak bisa digunakan sebagai platform untuk mengatur keuangan secara menyeluruh, FreshBooks dan AkuntingMudah bisa membantu memantau pengeluaran dan pemasukan yang dilakukan oleh tim di dalam startup Anda. Kedua platform ini menyediakan sebuah platform akunting cloud yang akan memudahkan Anda mengatur keuangan startup.

AkuntingMudah menyediakan sebuah paket gratis dengan fitur yang terbatas dan paket berlangganan mulai dari Rp 39 ribu, sementara FreshBooks menyediakan masa trial selama 30 hari sebelum akhirnya Anda harus membayar minimal USD 20 (Rp 240 ribu) per bulannya.

Mengelola bakat di dalam tim

Baiklah, Anda sudah membuat sebuah startup dan membentuk tim Anda untuk semakin memajukan startup yang dimiliki. Talenta dan Sleekr menawarkan sebuah layanan untuk mengelola tim yang ada. Mulai dari perekrutan, database tim, pencatat kehadiran, hingga membayar upah. Kedua platform ini sanggup melakukan hal tersebut sehingga Anda tidak perlu membuat sebuah divisi HRD baru untuk startup Anda.

Talenta menawarkan layanan mereka dengan harga mengikuti besarnya startup yang Anda miliki. Sementara Sleekr untuk saat ini masih menggratiskan layanan mereka sampai waktu yang belum ditentukan.


Sebenarnya masih banyak layanan yang bisa digunakan sesuai ranah startup yang sedang Anda geluti. Namun, secara umum, keenam layanan di atas sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar yang mungkin diperlukan startup baru Anda.

Artikel asli: https://id.techinasia.com/daftar-aplikasi-berguna-bagi-startup-baru

Categories: Artikel

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.